HIJAUKAN (Kembali) BUMIKU!!

       Tanpa kita sadari bumi yang kita pijak saat ini terasa sangat panas. Kalian pasti juga tahu apa penyebab terjadinya hal ini. Semakin hari bumi ini semakin kekurangan pohon, banyak pohon yang ditebangi hanya untuk keperluan manusia saja. Semakin banyak pohon yang berkurang, semakin berkurang juga fungsi hutan sebagai paru-paru dunia. Pernahkah kalian melihat seseorang yang menderita penyakit kanker paru-paru? Apakah penderita tersebut masih akan terlihat sehat dengan penyakitnya itu? Jawabannya adalah “tidak”. Jika salah satu organ tubuh kita mengalami gangguan atau kerusakan maka ia akan mempengaruhi fungsi organ yang lain. Begitu juga dengan hutan, banyak sekali pengaruh yang ditimbulkan jika hutan kita tercinta ini mengalami gangguan apalagi kerusakan yang serius.
      
       Berikut ini kita akan mengajak kalian untuk lebih mengenal apa itu reboisasi dan penghijauan yang merupakan langkah tepat untuk mengembalikan bumi ini menjadi hijau kembali. Nah yang pertama adalah reboisasi. Reboisasi adalah penghijauan kembali yang dilakukan untuk mengembalikan alam yang hijau, misalnya saja dalam satu lokasi hutan yang sudah kehilangan banyak pohon akan dilakukan penanaman kembali sehingga membuat pohon di hutan kembali normal dan berfungsi sebagai pelindung manusia dalam menyediakan udara, air dan mencegah banjir. Lalu yang kedua adalah penghijauan. Bukankah penghijauan sama saja dengan reboisasi? Ya sebenarnya hampir mirip dengan reboisasi hanya saja konsep dalam penghijauan berbeda dengan reboisasi. Jadi penghijauan adalah usaha untuk menanam pohon dan tumbuhan di tempat yang dianggap bisa menjadi tumbuh kembang si tumbuhan tersebut. Penghijauan sendiri dapat dilakukan dari rumah kita sendiri lo.
       Jadi itu tadi sekilas pengertian tentang reboisasi dan penghijauan, seperti serupa tapi tak sama bukan? hehe. Setelah kalian melakukan kedua hal tersebut percayalah usaha kalian tidak akan sia-sia karena reboisasi dan penghijauan mempunyai banyak sekali manfaat bagi kelangsungan alam dan hidup kalian. Berikut adalah manfaatnya :
-    Manfaat Reboisasi : Untuk menjaga keseimbangan alam, karena alam butuh penyeimbang agar manusia hidup dengan baik. Selain itu, untuk mencegah terjadinya banjir. Akar dari pohon akan melindungi tanah dan menahan air agar tidak turun kebawah dan menyebabkan banjir. Dan Reboisasi ini mampu menanggulangi fenomena global warming.
-         Manfaat Penghijauan :
a.       Manfaat hidrologis : Mampu menjaga keseimbangan sistem air di alam. Akar pohon sangat bermanfaat dalam menjaga kestabilan air dalam tanah.
b.     Manfaat Orologis : Penghijauan sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya erosi dan pengikisn tanah yang dapat menimbulkan bencana alam tanah longsor.
c.       Manfaat Ekologis : Mampu menjaga lingkungan menjadi lebih asri, nyaman serta menjadi tempat tinggal yang layak bagi hewan yang tinggal di dalamnya. Jika seperti ini alam pun akan selaras dan mebghasilkan apa yang dibutuhkan oleh manusia.
d.      Manfaat Klimatologis : Untuk mencegah polusi dan pemanasan global yang sudah terjadi di dunia ini. Tingkatan karbondioksida saat ini cukup tinggi sehingga mengurangi jumlah oksigen. Sedangkan pohon menghasilkan oksigen yang berguna untuk kehidupan di bumi.

       Jadi,sudah sangat jelas bahwa reboisasi dan penghijauan adalah langkah yang tepat untuk mengembalikan bumi kita menjadi seimbang. Oleh karena itu marilah kita bekerjasama untuk menjadikan bumi ini terlebih Indonesia kita ini menjadi lebih baik dengan cara memperbaiki diri mulai sekarang. Salam lestari Indonesiaku!! Salam hijau bumiku!!

Komentar

  1. iya nih makin hari makin panas aja rasanya -_- mana sekarang jarang digencarkan kegiatan reboisasi -_- but nice artikel :)

    BalasHapus
  2. Iya dek maka dari itu kita sebagai generasi muda harus bisa mempunyai inisiatif yg lebih lagi hehe

    BalasHapus
  3. Iya dek maka dari itu kita sebagai generasi muda harus bisa mempunyai inisiatif yg lebih lagi hehe

    BalasHapus
  4. Reboisasi harga mati.. save our world :)

    BalasHapus
  5. Reboisasi harga mati. Save our world

    BalasHapus
  6. save our world and save our future^^

    BalasHapus
  7. save our world and save our future^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

NORMAL FOREST ?

LEBIH DEKAT DENGAN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI