A BRILLIANT ACTION



    Kalian pasti tidak asing lagi dengan kata “Go Green”. Kata yang sangat tenar dikalangan para pecinta lingkungan. Sayangnya Go Green belum menampakkan hasil yang memuaskan. Mengapa bisa seperti itu? Ya, karena Go Green belum menjadi aksi. Go green masih sebatas konsep dan belum diterapkan sepenuhnya. Hanya sebuah nama yang harum dan tenar di baliho maupun kaos-kaos saja.            
    Penyebab mengapa Go Green dalam penerapannya belum maksimal adalah karena hanya sebagian orang saja yang memahami bagaimana penerapannya. Seperti yang sudah tertulis diatas bahwa para pecinta alam sajalah yang mengerti maksud dari Go Green itu sendiri. Untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan yang begitu besar dengan tenaga yang sedikit tentu akan terlihat mustahil. Dalam hal ini sangat dibutuhkan peran aktif dari masyarakat agar penyelesaiannya menjadi nyata. Namun tidak sedikit juga masyarakat yang mempunyai kendala pada bidang pengetahuan mengenai lingkungan yang masih sangat terbatas. Jika kita melakukan penyuluhan dari desa ke desa tentu akan memakan waktu yang amat sangat lama sedangkan masalah lingkungan tidak bisa menunggu kita lebih lama lagi.
    Mungkin banyak dari kita akan berfikir “mengapa tidak coba mengkorek informasi dari internet? Bukankah itu adalah cara paling mudah? Bukankah internet saat ini sudah tersebar luas diseluruh negeri? Bukankah melestarikan lingkungan juga demi kebaikan kita?” Jawabannya adalah karena Go Green belum menjadi TREN bagi semua lapisan masyarakat.  Masih ingat tren Boyband dan Girlband dari Korea? Sadar atau tidak yang membuat hal itu menjadi tren adalah BOOMING karena peranan teknologi digital. Sehingga banyak sekali reaksi yang ditimbulkan salah satunya adalah banyak remaja di Indonesia yang mulai membentuk boyband maupun girlband. Dengan teknologi digital, penyebarluasan tentang sesuatu akan menjadi lebih mudah.
     Lalu jika memang teknologi digital dapat digarap untuk membuat konsep Go Green menjadi sebuah tren, mengapa tidak? Kita dapat menggagas ide baru berupa DIGITALS GO GREEN. Yakni sebuah konsep pemanfaatan teknologi digital yang berbasis informasi dan pengetahuan tentang lingkungan. Kira-kira seperti apa ya konsep digitals Go Green ini?
1.       Green SMS : SMS atau Short Message Service yang telah memiliki pengguna mencapai lebih dari 240 juta dan jumlah pesan yang terkirim sepanjang tahun hampir mencapai angka 260 miliar dapat menjadi alat untuk mengampanyekan konsep Go Green. Caranya adalah dengan mengirim SMS yang berisikan pengetahuan singkat seputar lingkungan. Jika pesan yang tersampaikan hanya sepersepuluh saja, berarti ada kuranglebih 26 miliar SMS yang terkirim sepanjang tahun yang menginformasikan tentang lingkungan. Hal ini sangat berguna sekali bagi masyarakat yang belum memahami arti penting lingkungan.
2.       Green Facebook : Facebook yang memiliki pengguna mencapai 43,06 juta dan menempatkan Indonesia sebagai Negara pengguna facebook terbesar ke-3 dunia ini juga dapat menjadi alat untuk menyebarkan informasi tentang lingkungan. Apalagi facebook memiliki kelebihan disbanding SMS yaitu dapat menambahkan foto maupun video sehingga dapat membuat informasi lebih menarik.
3.       Green Blog : Media yang sangat berkembang pesat saat ini yang mampu menampung lebih banyak data berupa tulisan, foto dan video ini mempunyai peluang sangat besar untuk mengembangkan informasi tentang lingkungan.  Media yang mempunyai 5 juta pengguna ini sudah sangat terkenal di jagad Indonesia raya apalagi sekarang siswa sekolah dasarpun sudah ada yang dapat mengakses blog.
4.       Green Video/Movie : Sebuah video memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap sebuah pesan dan menjadikan itu sebagai sebuah tren. Tidak heran jika iklan di TV saat ini berupa video singkat yang lebih menarik. Hal ini dikarenakan dengan penggunaan video, penonton dapat lebih cepat menangkap pesan yang disampaikan meskipun durasinya hanya sebentar.
Jadi, bagaimana menurut kalian? Jika Norman Kamaru saja bisa membuat booming lagu Indianya dengan sebuah video, mengapa kita tidak? Dengan Digitals Go Green kalian dapat mengajak semua masyarakat bahu-membahu untuk membantu kita keluar dari masalah lingkungan. Ayo bantu Indonesia dengan Digitals Go Green!!!!

Komentar

  1. Go digitals go green😊😊Perkembangan zaman harus dimanfaatkan dengan baik^^

    BalasHapus
  2. Go digitals go green😊😊Perkembangan zaman harus dimanfaatkan dengan baik^^

    BalasHapus
  3. Go digitals go green😊😊Perkembangan zaman harus dimanfaatkan dengan baik^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

NORMAL FOREST ?

LEBIH DEKAT DENGAN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI