GREENTECH (TEKNOLOGI HIJAU)

       Banyak upaya yang dilakukan manusia demi menyelamatkan rumah kesayangannya yaitu Bumi. Selain teknologi ramah lingkungan ada konsep lain yang menawarkan masa depan indah bagi bumi kita tercinta ini ia adalah “Teknologi Hijau” atau yang lebih populer dengan sebutan Greentech. Kira-kira apa yang dimaksud dengan teknologi hijau ini ya?
       Teknologi Hijau adalah integrasi antara teknologi modern dan ilmu lingkungan untuk lebih melesatarikan lingkungan global dan sumber daya alam serta untuk mengurangi dampak negatif dari aktifitas manusia di bumi, atau juga dapat diartikan sebagai pemenuhan kebutuhan manusia saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.
       Di masa depan teknologi hjau akan dianggap sebagai tujuan dari kehidupan manusia. Mengapa? Karena manusia tidak mungkin akan terus menerus menggunakan teknologi yang akan memberikan dampak negatif terhadap lingkungan. Maka kita sebagai manusia di bumi ini harus senantiasa menjaga bumi dari kerusakan atau kehancuran. Tujuan dari teknologi hijau ini adalah untuk menemukan kemudian mengembangkan cara-cara untuk meyediakan kebutuhan manusia tanpa merusak lingkungan. Salah satu contohnya yaitu teknologi konvensional yang telah diterapkan adalah proses pendaur-ulangan sampah. Upaya ini dapat mengurangi efek negatif pada lingkungan yaitu mengurangi jumlah limbah dan polusi yang disebabkan oleh manusia. Berikut adalah prioritas utama Teknologi Hijau :
Keberlangsungan : Upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara terus menerus di masa depan tanpa menghabiskan sumber daya alam.
Inovasi : Upaya untuk mengembangkan alternative teknologi yang ramah lingkungan.
Viabilitas : Upaya untuk menciptakan suatu pusat kegiatan ekonomi diseluruh bidang teknologi dan produk yang memberikan keuntungan bagi lingkungan serta menciptakan peluang usaha bagi orang-orang yang sangat ingin melindungi bumi dari kerusakan.
Edukasi : Upaya untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya penerapan teknologi hijau guna terciptanya daya dukung lingkungan yang berkelanjutan.
Adapun prinsip utama yang diusung oleh Green Technology adalah :
-          Kenyamanan Sosial
-          Ekonomis
-          Ramah Lingkungan
        Pada dasarnya konsep Greentech diterapkan  dalam menciptakan produk adalah untuk meminimalkan bahan baku, mengefisiensikan proses, dan memaksimalkan output produk tetapi menghasilkan sampah yang minimal. Berdasar penerapannya Greentech digolongkan sebagai berikut :
a.       Energi. Menekan angka pencemaran karbon ke udara dengan mengurangi pengunaan bahan bakar energi yang berasal dari fosil. Mengingat fosil merupakan sumber energi yang sangat terbatas. Solusi dari Greentech adalah dngan mengganti sumber energi dari fosil menjadi renewable energy atau energi terbarukan yang lebih potensial, ramah lingkungan dan dapat diperbaharui. Beberapa contoh dari renewable energy adalah Waste to Energy, Biomass Energy, Hydro Energy, Wind Energy, Solar Energy, dan Geothermal Energy.
b.      Bangunan/building. Konsep green building atau bangunan ramah lingkungan didorong menjadi tren dunia bagi pengembangan properti saat ini. Hal-hal yang menyangkut bangunan ramah lingkungan adalah membangun hanya yang diperlukan dan tidak menggunakan lebih dari yang diperlukan, menganut prinsip keterkaitan, serta memandang profesi arsitek sebagai “pengurus bumi”.
c.       Chemistry. Green Chemistry adalah konsep yang mendorong desain dari sebuah produk ataupun proses yang mengurangi penggunaan dan penghasilan zat-zat berbahaya.
d.      Nanotechnology. Green nanotechnology merupakan pengembangan dari clean technology yaitu suatu upaya untuk meminimalisasi potensi resiko kerusakan lingkungan serta mendorong penggantian produk yang ada dengan produk nano yang lebih ramah lingkungan.

        Faktor selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah “Desain yang berkelanjutan” dan “Pembangunan yang berkelanjutan”. Desain yang berkelanjutan meliputi pengembangan teknologi yang tepat. Pembangunan berkelanjutan pada penggunaan teknologi dalam bidang infrastruktur. Maka mulailah menggunakan teknologi hijau yang ramah lingkungan ini dan cobalah menerapkan hidup ramah lingkungan! Mari selamatkan generasi masa depan!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NORMAL FOREST ?

LEBIH DEKAT DENGAN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI