MANFAAT TIK BAGI PELAJAR


Saat ini teknologi berkembang dengan sangat pesat, dimulai dari yang paling sederhana sampai yang paling canggih. Banyak inovasi-inovasi yang lahir dari adanya perkembangan teknologi ini. Tetapi untungnya ada dampak positif dan negatif dari adanya perkembangan ini.
Sekarang tinggal kesadaran dari pelajar tersebut untuk memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut dengan sebaik-baiknya. Sebab tidak sedikit dari mereka yang kurang bertanggung jawab dan menyalah gunakannya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.
Berikut ini adalah beberapa dampak positif dan negatif teknologi bagi pelajar.
Dampak positif teknologi bagi pelajar :
1. Membantu dalam belajar di kelas
Penggunaan proyektor di dalam kelas sangat membantu murid dalam menerima materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara praktis. Guru tidak perlu menuliskan materi pelajaran di papan tulis yang tentunya memerlukan waktu yang tidak sedikit.
2. Menerima tugas secara online
Melalui internet seorang pelajar dapat menerima atau mengakses tugas-tugas yang harus dikerjakan dari gurunya secara online di mana pun dia berada.
3. Mencari Materi Pelajaran
Pelajar dapat mencari materi pelajaran sebagai preferensi tambahan diluar materi yang diberikan gurunya sehingga dia bisa memiliki wawasan yang lebih luas.
4. Menambah Kecerdasan dan kreatifitas
Adanya bermacam-macam aplikasi seperti photoshop, coreldraw, game dan sebagainya bisa meningkatkan kecerdasan seorang pelajar.

Dampak negatif teknologi bagi pelajar :
1. Pelajar dapat kecanduan game online sehingga dia bisa melupakan tugas-tugas sekolahnya karena waktu dan tenaganya dihabiskan untuk bermain-main.
2. Kurang sosialisasi
Pelajar jadi kurang cukup berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya karena dia asyik dengan dunianya sendiri didepan komputer.
3. Dapat terjerumus dalam hal-hal yang tidak diinginkan.
Misalnya menjadi korban penipuan, terjerumus narkoba dan sebagainya.

Demikianlah kemajuan tekonologi tentunyan mempunyai dampak positif dan negatif. Tapi itu semua tergantung dari penggunanya. Bila digunakan secara bijak, tentunya akan mendapatkan manfaat yang maksimal.

http://inkuis.net/content/manfaat-teknologi-informasi-dan-komunikasi-bagi-pelajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NORMAL FOREST ?

LEBIH DEKAT DENGAN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI